ASN dan Pegawai Kota Solok Lakukan Pemeriksaan Swab Test

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kota Solok  Dinas Kesehatan kembali melakukan pemeriksaan swab test. Pemeriksaan swab test kali ini dilakukan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai pada Dinas Pariwisata, Pemadan Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Kesbangpol dan Camat Lubuk Sikarah beserta Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT).

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, tahap pertama dilaksanakan pada Selasa (14/7) dan tahap kedua dilaksanakan Rabu (15/7) di Posko Penjaringan Covid-19 Bandar Panduang Kota Solok. Pada kesempatan ini, hadir Kabid PPSDK Hiddayaturrahmi, Kasi Yankes, Hartini, beserta petugas Labor dan Surveilans Puskesmas se-Kota Solok.

Hartini menyampaikan ASN dan pegawai harus menjadi role model bagi masyarakat, sehingga upaya pemerintah dalam melakukan swab test terhadap masyarakat dapat terealisasi melalui perencanaan pelaksanaan pool test (pelaksanaan test swab masal) nantinya.

“Kita harus memastikan ASN dan pegawai tersebut sehat dan tidak terpapar Covid-19, karena mereka tentunya setiap hari berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam upaya memberikan pelayanan publik pada masyarakat Kota Solok,” ungkap Hartini.

Dari kegiatan pengambilan spesimen pada dua hari tersebut didapatkan 150 spesimen swab test. Masih dibutuhkan partisipasi bagi semua elemen agar Kota Solok dapat mencapai hasil insiden rate pemeriksaan yang adekuat.

Kabid PPSDK pada kesempatan itu menjelaskan, sebelumnya Kamis (9/7) telah dilakukan pemeriksaan swab test bagi Tenaga Kesehatan dan Guru yang ada di Kota Solok sebanyak 227 spesimen dan hasilnya negatif semua, dengan demikian total pemeriksaan swab test yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan adalah sebanyak 973 orang.

“Kegiatan ini merupakan upaya awal untuk menekan penyebaran wabah pandemi COVID-19 khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Solok dan umumya pada masyarakat Kota Solok” ucap Hiddayaturrahmi.

Lanjutnya, “Melalui kegiatan ini, diharapakan Kota Solok akan lebih siap dengan pelaksanaan tatanan hidup baru dengan tetap produktif dan aman dari Covid19. Selain itu, dengan deteksi dini swab test masyarakat harus tetap terbiasa dengan protokol kesehatan, yaitu tetap menggunakan masker dan selalu cuci tangan,” pungkas Hiddayaturrahmi.

Pentingnya tes swab terhadap ASN atau pun pegawai dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Solok untuk memastikan ASN ataupun pegawai tersebut tidak terpapar virus Covid-19 (es).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.