DINAS KESEHATAN ADAKAN MONITORING DAN EVALUASI PIS-PK TINGKAT PUSKESMAS KOTA SOLOK TAHUN 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan adakan monitoring dan evaluasi PIS-PK tingkat puskesmas Kota Solok tahun 2020, Selasa ( 22/9/2020). Acara ini dihadiri oleh Kabid PPSDK, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes , serta Kepala Seksi Yankes (Pelayanan Kesehatan ) Ns. Hartini, S.Kep. M.Biomed beserta staf, dan jumlah peserta yang hadir di acara ini ada 40 orang yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Petugas Puskesmas, Pustu dan Puskeskel dan TIM Pelaksana Program PIS-PK.

          Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK) adalah salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan akses jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan diwilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. PIS-PK sudah menjadi bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh puskesmas sejak pertama kali di canangkan tahun 2016, melalui PIS-PK puskesmas memantau kesehatan keluarga diwilayah kerjanya dan melakukan intervensi masalah kesehatan secara terintegrasi lintas program.

          Saat ini kita dihadapi dengan pandemic Corona Virus Disease (Covid 19), pandemi ini membawa dampak pada puskesmas yang dituntut untuk berperan aktif dalam penanganan Covid 19 sekaligus melakukan adaptasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan serta protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ujar  dr. Hiddayaturrahmi.

          Monitoring dan evaluasi ini merupakan tindak lanjut pembinaan puskesmas dalam rangka pelaksanaan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.  terdapat 12 indikator yang menjadi pokok penilaian dalam monitoring ini. Saat ini puskesmas sebagai penanggung jawab wilayah dihadapkan pada situasi yang sulit dimana kunjungan keluarga dalam rangka pembinaan masalah kesehatan keluarga dan wilayah harus tetap dilaksanakan akan tetapi puskesmas harus juga mengutamakan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Maka monitoring dan evaluasi harus tetap dilakukan dengan tujuan memberikan panduan bagaimana puskesmas melakukan penyesuaian-penyesuaian dalam penyelenggaraan PIS-PK dimasa pandemic, semoga melalui pembinaan berjenjang dari Dinas Kesehatan dapat berkontribusi optimal dalam penyelenggaraan PIS-PK tanpa mengabaikan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Tutup dr. Hiddayaturrahmi. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.