Sen. Jun 27th, 2022

Dinas Kesehatan Lakukan Collecting Data Baseline Survei Buku KIA Khusus Bayi Kecil bersama JICA Indonesia

INFO PUBLIK SOLOK

Posted by: IzallAlendri 14 Maret 2022

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan kegiatan Collecting Data Baseline Survei Buku KIA Khusus Bayi Kecil bersama JICA (Badan Kerja Sama Internasional Jepang) yg dilaksanakan di aula Dinkes (14/03) kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak dr. Erna Mulati,MSc.,CMFM, Kasubdit Gizi KIA dr.Nida Rohmawati,MPH Tim JICA Indonesia, Ketua Baseline Survei Buku KIA Khusus Bayi Kecil dr. Eny Yantri,Sp.A(A) langsung disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Dr.Ns Elvi Rosanti,S,Kep,M.Kep, Kabid Kesmas dr.Sri Yulianti,MARS, Kasie Kesehatan Keluarga, Ns. Aprinur Azwira,S.Kep,MKM dan tim Dinas Kesehatan Kota Solok.

Dalam Pembukaannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok  Dr.Ns Elvi Rosanti,S,Kep,M.Kep mengucapkan terimakasih kepada Tim JICA dengan ditunjuknya Kota Solok sebagai Pilot Project dalam implementasi bayi kecil ini, dengan harapan dapat memberikan output penurunan kematian terhadap bayi BBLR serta edukasi kepada ibu bayi yang memiliki khusus bayi kecil dan  juga peningkatan keterampilan petugas dalam menangani khusus bayi kecil,”terangnya. 

Dalam kunjungannya Ketua Baseline Survei Buku KIA Khusus Bayi Kecil dr. Eny Yantri,Sp.A(A)  mengatakan untuk kegiatan kita ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun 2020, akan tetapi karena kasus covid-19 meningkat sehingga untuk implementasi pelaksanaan tertunda, dan alhamdulilah bisa terealisasi di tahun 2022 .selanjutnya beliau menjelaskan kedatangannya di Kota Solok guna untuk survei awal dan melihat sejauh mana kemampuan ibu untuk merawat bayi kecilnya, yang pada kegiatan tersebut berjumlah 32 orang peserta , kegiatan ini dilakukan di 3 wilayah yang berbeda yaitu Banyumas, Kudus, dan Kota Solok yang ditunjuk sebagai model buku KIA khusus bayi kecil. Seterusnya kategori dari bayi kecil ini sendiri ialah Bayi Berat lahir kurang dari 2500gr, panjang badan < 45 cm, dan kehamilan kurang dari 37 minggu. selanjutnya tindak lanjut dalam rangkaian kunjungan  Tim JICA yang didirikan pemerintah Jepang ini memperkenalkan buku KIA Khusus Bayi Kecil yang bertujuan untuk memberikan informasi pelayanan dan perawatan kesehatan bayi kecil, serta edukasi dalam melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi kecil yang tidak ada pada buku KIA dan output nya buku KIA Khusus Bayi Kecil dapat membantu tenaga kesehatan dalam pelayanan bayi berat lahir rendah, serta memotivasi ibu dan keluarga dalam merawat dan membesarkan bayi kecil sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, “Tuturnya (ia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.