Pemko Solok Bagikan Masker ke Masyarakat

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Kesehatan Kota Solok melakukan pembagian masker gratis ke masyarakat Kota Solok guna mencegah penyebaran penularan Covid-19, Kamis, (10/9/20).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkompimda Kota Solok, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Calon Walikota beserta Calon Wakil Walikota, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok beserta Kepala OPD lainnya, anggota TNI, Polri dan Satpol PP.

Pada kesempatan itu sebanyak 1000 masker dibagikan secara gratis, diberikan kepada warga yang melintas di sekitar Pasar Raya Solok dan Taman Syech Kukut Kota Solok. Selain pembagian masker, kegiatan tersebut juga bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat agar melakukan tindakan pencegahan Covid-19 karena dengan menggunakan masker bisa meminimalkan penularan.

Penggunaan masker merupakan salah satu langkah pencegahan yang dapat membatasi penyebaran penularan Covid-19 yang diakibatkan oleh virus. Meskipun penggunaan masker saja tidak cukup memberikan tingkat perlindungan yang memadai.

Langkah perlindungan lainnya, dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak 1 meter, dan makan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup juga harus dilakukan.

Pentingnya penggunaan masker ini agar dapat terhindar dari percikan saat seseorang batuk atau bersin dan menunjukkan gejala-gejala gangguan pernafasan (batuk, bersin) berisiko terpapar percikan saluran pernafasan yang kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya penularan Covid-19, percikan yang jatuh ke permukaan benda dan virus tetap aktif juga dapat menyebabkan sumber penularan.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19 ini maka sangat diharapkan kepada masyarakat Kota Solok agar selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, hal tersebut bertujuan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain itu warga juga diminta agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Penanganan penyebaran virus Corona tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan petugas kesehatan semata namun harus melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tutur Dessy Syafril. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.