Sen. Jun 27th, 2022

DINAS KESEHATAN ADAKAN VAKSINASI MENINGITIS BAGI CALON JAMAAH HAJI KOTA SOLOK

INFO PUBLIK SOLOK

Posted by: Izall Alendri

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok adakan vaksinasi meningitis untuk calon jama’ah haji Kota Solok.kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (29/03) Pelaksana kegiatan tersebut adalah Siska Primasari,SKM,M.Epid selaku Kasie Pencegahan Penyakit Menular serta pengelola imunisasi dan surveilans puskesmas di Kota Solok. Vaksinasi meningitis pada periode tahap 1 ini diberikan kepada 38 calon jamaah haji yang dilaksanakan di RSUD Kota Solok.

“Vaksin meningitis adalah vaksin wajib yang harus dilakukan calon jemaah haji sebagai syarat keberangkatan haji dan untuk melindungi risiko tertular meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis adalah penyakit serius dengan angka kematian tinggi. Bakteri ini sebenarnya tidak ada di Indonesia tapi untuk orang yang akan bepergian ke negara lain terutama ke daerah endemi, harus divaksin,” Ungkap Siska Primasari;”

Sementara itu pelaksana pada seksi pengawasan,monitoring&imunisasi Ns.Hera Febrianto,S.Kep mengatakan untuk Ibadah Haji dan Umroh menjadi dambaan bagi sebagian besar umat Muslim. Namun melaksanakan ibadah haji tak cukup berbekal dengan persiapan mental dan finansial saja. Persiapan kesehatan pun tak boleh luput dari perhatian, salah-satunya suntik vaksin meningitis Apalagi risiko penularan penyakit lebih besar mengingat faktor cuaca dan jemaah haji berjumlah jutaan. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan vaksinasi atau orang awam sebut suntik vaksin meningitis.(ia)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.